Kantor PT. AJ Central Asia Raya
Pendiri Perusahaan PT. AJ Central Asia Raya
Bpk. Soedono Salim
Bpk. Anthony Salim
Bpk. Wardojo
Didirikan : 30 April 1975 dan beroperasi pada April 1976.
Pemegang Saham : 99.99% PT Asuransi Central Asia (ACA).
Salim Group Konsultan : 1500 Konsultan Profesional (Agen).
Karyawan : 700 karyawan.
Kantor Cabang : 8 Kantor Regional, 29 Kantor Layanan Nasabah, 75 Kantor Pemasaran.
Profile Perusahaan
PT A.J. Central Asia Raya didirikan pada
tanggal 30 April 1975 berdasarkan Akta Notaris Ridwan Suselo no. 357,
dengan modal Rp 500 juta. Sejak semula, seluruh pemegang saham,
komisaris dan direksi telah sepakat untuk menjadikan PT A.J. Central
Asia Raya sebagai salah satu perusahaan asuransi jiwa yang telah melalui
tiga dekade dan terus berkembang. Hal ini telah dibuktikan oleh
perseroan dengan memiliki kekayaan lebih dari Rp 3,81 triyun, risk based
capital (RBC) 216%, serta satu-satunya perusahaan asuransi jiwa dan
yang pertama berhasil meraih Platinum Award dari majalah InfoBank atas
predikat “sangat bagus” selama 10 (sepuluh) tahun berturut-turut (1999
s/d 2008).
Persaingan bisnis global menjadikan
tantangan bagi Perusahaan untuk menjadi perusahaan asuransi jiwa
terkemuka di Indonesia tidaklah mudah. Pemerintah semakin serius
membenahi institusi keuangan yang menghimpun dana masyarakat baik
perbankan, sekuritas, maupun asuransi (jiwa dan umum). Pasar asuransi
semakin terbuka, sedangkan masyarakat semakin kritis dan mengerti akan
pentingnya dunia asuransi. Tahun 2012 UU Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
telah disahkan, maka otoritas atau regulator jasa keuangan, khususnya
jasa asuransi, pada 01 Januari 2013 akan beralih dari Kementerian
Keuangan kepada OJK. Banyak faktor untuk menjadi yang terbaik, antara
lain: dukungan pemegang saham, komitmen manajemen, kerja keras seluruh
staf, permodalan, sumber daya manusia, teknologi informasi, pemasaran,
produk-produk bermutu, dan layanan prima bagi nasabah.
Dukungan pemegang saham sangat penting
terutama dari segi permodalan, dan ini dibuktikan bahwa pemegang saham
menyetujui penambahan modal disetor sebesar Rp 100 milyar pada tahun
2008. Jumlah modal disetor ini telah memenuhi ketentuan Pemerintah dalam
bidang perasuransian sebelum ketentuan itu diterbitkan. Hal ini sangat
penting sekali bahwa perusahaan telah mengantisipasi perubahan-perubahan
regulasi dalam bidang industri asuransi.
Komitmen manajemen (Komisaris dan
Direksi) paling berperan dalam memberikan arah bagi Perusahaan sehingga
dapat berkembang dan bertambah maju untuk menjadi salah satu perusahaan
asuransi jiwa terkemuka di Indonesia. Kekuatan ekonomi Indonesia
menghadapi krisis keuangan yang melanda Amerika Serikat tahun 2008/2009
dan krisis Eropah yang masih berlanjut sampai tahun 2012 telah
menjadikan manajemen semakin berkomitmen agar perusahaan tetap bertumbuh
dengan baik serta penuh kehati-hatian (prudent), dan salah satu
hasilnya adalah pertumbuhan permodalan/ekuitas selama 3 tahun terakhir.
Kerja keras staf dan agen pemasaran akan
membuktikan bahwa tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan.
Kuncinya adalah bersatu padu dalam menghadapi segala permasalahan.
Kreativitas pun bermunculan. Banyak aktivitas yang tercipta dari
kreativitas ketika kerja keras dan kebersamaan menjadi pegangan. Sebagai
komitmen pelayanan kepada nasabah terdapat 50 kantor layanan bagi
nasabah CAR di seluruh Indonesia, yakni kantor layanan utama LANCAR
(Layanan Nasabah CAR) dan sub-kantor LANCAR; serta tersebarnya jalur
distribusi pemasaran yang luas seperti Keagenan, Korporasi/Group,
Bancassurance, Syariah, Employee Benefit Program/Managed Care, dan lain
sebagainya. Di samping itu, Perusahaan juga merupakan pendiri Dana
Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) CAR yang memiliki 11.354 peserta dengan
aktiva bersih yang dikelola sejumlah Rp 258 milyar.
Pemegang saham selalu berkomitmen untuk
tetap menjaga permodalan dalam rangka operasi perusahaan, pengembangan,
serta menjaga solvabilitas perusahaan. Tahun 2012 permodalan/ekuitas
Perusahaan lebih dari Rp 1,27 trilyun, dan diharapkan akan terus tumbuh
sesuai dengan perkembangan perusahaan. Penciptaan sumber daya manusia
profesional dan handal sangat didorong oleh perusahaan. Perusahaan akan
terus mendorong agar karyawan meningkatkan kemampuan diri sehingga
menjadi tenaga profesional dan handal dalam bidang industri asuransi
jiwanya.
Perusahaan menaruh perhatian besar pada
pengembangan teknologi informasi. Perangkat keras dan lunak akan selalu
dievaluasi sesuai perkembangan pengembangan teknologi, jaringan local
area network (LAN), serta pemutakhiran piranti lunak berlisensi untuk
mendukung operasi perusahaan.
Distribusi pemasaran yang luas merupakan
obsesi pemegang saham dan manajemen untuk terus mengembangkan
perusahaan dan mendekatkan layanan kepada para nasabah. Perusahaan telah
memiliki 84 kantor penjualan didukung 47 kantor pelayanan nasabah
(LANCAR) yang tersebar di kota-kota di 33 propinsi. Ini belum termasuk
dalam kerjasama dengan perbankan maupun dengan perusahaan penunjang
usaha asuransi/broker asuransi.
Produk-produk inovatif dan menguntungkan
bagi nasabah terus diluncurkan mulai dari produk asuransi jiwa individu
(perorangan), antara lain: asuransi seumur hidup, asuransi kesehatan
individu, asuransi penyakit kritis, asuransi kecelakaan diri, unit link,
maupun asuransi kumpulan seperti asuransi kredit pemilikan rumah,
asuransi kesehatan untuk karyawan perusahaan bahkan pengelolaan dana
pensiun melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) CAR. Tahun 2012,
perusahaan meluncurkan produk asuansi kesehatan perorangan – Prevensia
Premier. Dan inovasi ini akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang.
Laporan Manajemen
Seperti tahun-tahun yang telah dilalui
oleh Perusahaan, tahun 2012 adalah tahun tantangan dengan krisi keuangan
yang terjadi Uni Eropa. Meskipun demikian perekonomian Indonesia tetap
berkembang dengan penaikan sebesar 6,23%. Penaikan ini diakibatkan oleh
peningkatan konsumsi dan investasi. Konsumsi domestik menyumbang separo
dari perekonomian dan Indonesia menjadi salah satu negara untuk tujuan
investasi luar negeri.
Tingkat inflasi Indonesia selama tahun
2012 meningkat menjadi 4,3%, namun industry asuransi jiwa tetap
bertumbuh walaupun hanya mencapai 7%.
Perseroan membukukan pendapatan premi
sebesar Rp 648 milyar. Ini merupakan kontribusi bisnis asuransi jiwa
individu konvensional, asuranis individu unitlink, asuransi jiwa
kumpulan, asuransi kesehatan kumpulan termasuk yang dikelola oleh
Employee Benefit Program/managed care, serta unit usaha syariah.
Total kekayaan perseroan mencapai Rp
3,81 trilyun, meningkat sebesar 14% bila dibandingkan tahun 2011, yang
terbagi atas earning assets sebesar Rp 3,69 trilyun (96% dari total
kekayaan). Komposisi earning assets terhadap total kekayaan selalu
dipertahankan dari waktu ke waktu dengan kisaran sebesar 95%.
Total pendapatan investasi mencapai Rp
283 milyar atau rata-rata mencapai 8,40% dari total dana investasi yang
dikelola, hal ini jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan rata-rata
pendapatan depositio perbankan nasional yang hanya mencapai 5,75%.
Tingkat solvabilitas (RBC) selalu dijaga
agar dalam Batas aman dan seimbang dengan pertumbuhan perseroan serta
permodalan. Pada akhir tahun 2012, RBC perseroan mencapai 216% hal ini
berarti perseroan dalam kondisi sangat sehat (solven), karena
ketetentuan yang dipersyaratkan adalah minimum sebesar 120%.
Pada tahun 2012, Jumlah agen individu
lebih dari 1.050 orang yang didukung oleh 62 cabang pemasaran individu.
Pemasaran korporasi didukung oleh 16 cabang korporasi. Untuk pelayanan
purna jual terdapat 26 kantor cabang utama pelayanan nasabah (LANCAR)
dan 21 sub-cabang. Unit usaha lain yang dimiliki perusahaan adalah
Employee Benefit Program/Managed Care yang melayani nasabah-nasabah
group dengan kategori khusus untuk program asuransi kesehatan, asuransi
jiwa, dan kecelakaan. Kami juga telah menyediakan dan melakukan
kerjasama dengan lebih dari 1.600 provider, (rumah sakit, klinik,
apotik, dan optik).
Perseroan percaya bahwa seluruh aspek
bisnis perlu dikelola agar dapat tumbuh secara seimbang, baik segi
finansial, layanan nasabah, sumber daya manusia yang dikelola maupun
kepentingan para stakeholders. Seperti didiskusikan sebelumnya bahwa
sejak 01 Januari 2013, seluruh pengawasan industri asuransi akan beralih
dari Kementerian Keuangan RI ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bagi
perseroan perubahan ini juga merupakan tantangan tersendiri untuk
menunjukan bahwa di tahun-tahun mendatang, perseroan akan bekerja lebih
baik dan lebih baik lagi.
Kami percaya bahwa seluruh visi, misi
dan nilai nilai hakiki merupakan landasan kokoh untuk menjadi YANG
TERBAIK dan Perseroan AKAN MENJADI KEBANGGAAN seluruh pemangku
kepentingan atau bagi mereka yang selalu bersama CAR.
Akhir kata, kami ucapkan terima kasih
kepada seluruh pihak terutama kepada seluruh nasabah, pemegang saham dan
seluruh staf perseroan, bahwa atas kerja sama dan kerja keras selama
tahun 2012 maka perseroan dapat tumbuh menjadi seperti saat ini. Kami
ingin menekankan bahwa keberhasilan perseroan adalah keberhasilan kita
bersama.
VISI :
- Menjadi perusahaan asuransi jiwa terkemuka dan sebagai barometer industri asuransi jiwa di Indonesia.
MISI :
- Menjadi perusahaan asuransi jiwa yang bertanggungjawab dan memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah;
- Menjadi perusahaan asuransi jiwa yang berfungsi sebagai “rumah” yang sehat, aman dan nyaman bagi karyawan dan aparat pemasaran;
- Menjadi perusahaan asuransi jiwa yang memiliki rasa tanggungjawab sosial yang tinggi;
- Menjadi perusahaan asuransi jiwa berkinerja sehat di bidang keuangan, pemasaran, aktuaria, dan underwriting;
- Menjadi perusahaan asuransi jiwa yang berkinerja di atas rata-rata industri.
mantap luar biasa bisnis ini
BalasHapusSaya mau tny, saya sdh jd member CAR mulai februari 2015 tp 2bln terakhir saya gak pernah lg dapat sms konfirmasi saldo premi saya. Mohon bantuannya.....
BalasHapusSerba Gratis...
BalasHapusGratis... Dapatkan Kalender Dinding Abadi, satu Kalender untuk semua tahun...
Gratis... Dengan 1 akun 10 Iklan Anda akan tersebar ke berbagai Blog/Web member lain...
Gratis... bisa menjadikan Blog/Web Anda sebagai penghasil Uang...
Gratis... tanpa punya Blog/Web dengan fasilitas di web ini Anda bisa menghasilkan Uang...
Gratis... Fasilitas di Web ini, pasang iklan gratis, memperpendek alamat website anda yang panjang, simpan catatan ngenet anda, buka web faforit Anda sekali klik.
http://www.xnge.net?id=daku
Jaminan apa tentang CAR klo saya ikut
BalasHapusUntuk wilayah DKI jakarta dan tangerang bisa hubungi saya Mawardi agen CAR di no. Hp/WA 083808459260 PIN BBM 577FF915, kami tim yang solid dan siap bantu pengembangan bisnisnya.. Salam SUKSES…!!!
BalasHapus